contoh rpp
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
: SD Negeri 96 Kecamatan SU 1
Palembang
|
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 4 [ Empat ] / 2 [ dua ]
|
Pertemuan ke
|
: 14 [ empat belas ]
|
Alokasi
Waktu
|
: 2 x 35 menit
|
Standar Kompetensi : 7. Mempraktikkan latihan kebugaran yang lebih kompleks untuk
meningkatkan keterampilan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar : 7.2 Mempraktikkan aktivitas dan permainan untuk
melatih kelentukan dan koordinasi dengan kecepatan dan kualitas gerak yang meningkat, serta nilai kerja keras,
disiplin, kerja sama, dan kejujuran, kerjasama, dan kejujuran
A. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat melakukan aktifitas untuk meningkatkan kebugaran
- Siswa dapat melakukan latihan kelentukan
- Siswa dapat melakukan latihan kelentukan dengan kecepatan gerak yang meningkat
v Karakter siswa yang diharapkan :
v
Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif ,
Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar
membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, Tanggung jawab
B. Materi Ajar (Materi Pokok):
- Pengembangan diri
- Latihan kelentukan dan kecepatan
C. Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
D. Langkah-langkah Pembelajaran
- Kegiatan Awal:
o
Siswa
dibariskan menjadi empat barisan
o
Mengecek
kehadiran siswa
o
Menegur
siswa yang tidak berpakaian lengkap
o
Melakukan
gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
o
Mendemonstrasikan
materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
- Kegiatan Inti:
Pertemuan 14
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa
dapat melakukan latihan
kelentukan dengan kecepatan gerak yang meningkat
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
gerakan sit up berpasangan dengan posisi kedua kaki di tekuk
F
Melakukan
gerakan back-up dengan control yang baik
F
Melakukan
gerakan mencium lutut berpasangan dengan control yang baik
F
Melakukan
gerakan membungkukkan badan ke depan dan ke belakang dengan control yang baik
F
Melakukan gerakan meliukkan tubuh ke samping
kiri dan kanan dengan control yang baik
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
o
Siswa
di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah
dilakukan/ diajarkan
o
Memperbaiki
tentang kesalahan-kesalahan gerakan dan tekhnik
dalam melakukan gerakan
E. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes
- Diktat atletik
- Stik kecil
- Lapangan
- Pluit
- Kapur line/tali
F. Penilaian:
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Disiplin,
·
Kerja
keras
·
Kreatif,
·
Demokratif
·
Rasa Ingin tahu,
·
Cinta
tanah air,
·
Bersahabat,
·
Menghargai
prestasi,
·
Gemar
membaca,
·
Peduli lingkungan,
·
Peduli sosial,
·
Tanggung jawab
|
·
Melakukan
gerakan sit up dengan control yang baik
·
Melakukan
gerakan back-up dengan control yang baik
·
Melakukan
gerakan mencium lutut dengan control yang baik
·
Melakukan
gerakan membungkukkan badan dengan control yang baik
·
Melakukan gerakan meliukkan tubuh dengan
control yang baik
|
*
Tes
Praktek
|
*
Tes
Ketrampilan
*Tugas
*
Pengama-
tan
|
·
Lakukan
permainan hitam hijau secara kelompok !
·
Lakuknan
permainan lompat bangku secara bergiliran !
·
Lakukan gerakam : spli, merenggut, kayang, lompat
curam
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui
Palembang ; 2-04-2012
Penilai I Penilai II Mahasiswa PPL
Guru Pamong
AIDI. S.Pd, M.Pd
Drs ASLI HARDIANSYAH
NIP :19591015 1985 031006 NIP :19650504 198503 1008 NIM :08133205
Comments
Post a Comment